User Rating: 4 / 5

Star activeStar activeStar activeStar activeStar inactive

NOTARIS: Kedudukan, Fungsi dan Peranannya

Semenjak saya masih berkuliah di Fakultas Hukum hingga sekarang berpraktek sendiri, seringkali saya bertemu dengan orang awam yang salah mengerti mengenai Kedudukan, fungsi dan peranan Notaris dalam masyarakat khususnya dalam bidang hukum. Tidak sedikit pula masyarakat yang menganggap bahwa notaris hanya “tukang stempel” yang “kalah pintar” dari advokat/pengacara, sehingga mereka sering membawa draft dari pengacara atau advokat mereka dan meminta notaris untuk menyalinnya dalam bentuk akta otentik, sehingga saya merasa mereka memperlakukan notaris hanya sebagai tukang ketik saja, hal ini pernah saya alami ketika saya masih bekerja sebagai asisten notaris.

Read more: NOTARIS: Kedudukan, Fungsi dan Peranannya

User Rating: 5 / 5

Star activeStar activeStar activeStar activeStar active

Lahir di kota Kembang, Paris Van Java menjelang akhir tahun 1978. Besar di sebelah utara kota metropolitan Jakarta. Namun sekarang tinggal bersama suami dan anaknya di Semarang. Suka menulis dan membaca dan mengobrol sejak kecil.

Semenjak SMP sudah terlibat dalam beberapa majalah, antara lain majalah dinding dan majalah rohani. Awalnya bercita-cita jadi seorang jurnalis, namun akhirnya menjadi seorang praktisi hukum yang hobi menulis. Lulus dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia dalam waktu 3,5 tahun dan kemudian melanjutkan ke jenjang Strata-2 Magister Kenotariatan dalam waktu kurang dari 2 tahun. 

Karir hukumnya dimulai dengan menjadi pengacara muda di Kantor Hukum Junimart, Natanael, Ridwan (Sekarang BNR Law Firm), kemudian bekerja di PT. ASURANSI MITSUI MARINE INDONESIA (sekarang Asuransi Mitsui Sumitomo Indonesia) sebagai Legal Officer saat menuntut ilmu di Magister Kenotariatani dan terakhir untuk memantapkan keahlian dalam bidang notaris, bekerja di Kantor Notaris SINTA SUSIKTO, S.H sebagai Asisten dan telah beberapa kali diangkat sebagai Notaris Pengganti. 

Pada tanggal 22 Mei 2006, mendapatkan Surat Keputusan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia untuk profesi Notaris, dengan nomor C-178.HT.03.01.Th 2006. Saat ini menjalankan tugas jabatannya di Kabupaten Semarang berkantor di Mutiara Sewakul Blok A Nomor 7, Jalan Ki Sarino Mangun Pranoto, Kota Ungaran. Diharapkan segala yang tertulis di sini dapat berguna untuk menuntun masyarakat menuju kepastian hukum dan keadilan.