User Rating: 5 / 5

Star activeStar activeStar activeStar activeStar active
 

Beberapa waktu yang lalu saya memberitahukan kepada klien saya bahwa ada UUPT yang baru, menggantikan UUPT tahun 1995. Saya pun memberikan UU baru itu kepadanya agar klien saya dapat mempelajarinya guna kepentingan Perseroan Terbatasnya.

Beberapa waktu berlalu dan saat kami bertemu kembali, kami berdiskusi hingga sampailah pada pembicaraan bahwa Perseroan Terbatas (PT) klien saya tersebut harus memenuhi ketentuan pasal 157 UUPT No. 40/2007 mengenai penyesuaian PT agar sesuai dengan UU yang baru berlaku ini. UU memberi suatu jangka waktu untuk pelaksanaan penyesuian tersebut.

Pertanyaan klien saya dan mungkin pertanyaan semua klien Notaris yang merupakan sebuah PT adalah :

K:   “Mengapa harus demikian, bukankah PT yang saya buat sudah sesuai aturan saat dibuat? Sudak keluar SK, sah bukan? Apa efeknya jika kami tidak melakukan penyesuaian tersebut?

N:    saya menjawab, “Betul bahwa PT anda sah dan masih berupa badan hukum tapi di pasal 157 dikatakan bahwa status badan hukumnya masih ada sampai 1 tahun sejak UUPT. Berlakunya UUPT tersebut dan menurut pasal 161, 1 tahun tersebut dihitung sejak tanggal diundangkan yaitu tanggal 16 Agustus 2007, itu berarti statusnya masih berbadan hukum sampai dengan tanggal 16 Agustus 2008. Jadi sebelum tanggal tersebut harus dibuat penyesuaian UUPT.
Efeknya: kalau anda tidak menyesuaikan PT anda sampai tanggal tersebut maka PT anda dapat dibubarkan berdasarkan keputusan pengadilan, kejaksaan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan.

K:    tapi tidak segera dan seketika tentunya?

N:     ya memang ada prosesnya, tapi berarti PT anda tidak dapat beroperasi dengan sebagaimana mestinya karena itu pasti anda rugi.
 Selain itu pula banyak hal yang berubah dalam UUPT baru ini sehingga Anggaran Dasar PT anda yang dibuat berdasarkan UUPT ’95 tidak relevan lagi tentunya dengan ketentuan UUPT ’07 ini. Padahal Anggaran Dasar adalah pedoman aturan-aturan PT lebih lanjut setelah UUPT itu sendiri.

 Hal-hal yang berubah antara lain adalah:

Pasal 4 modal: dahulu bisa disetor 50% dari yang ditempatkan memang pada prakteknya semenjak berlakunya proses pengesahan persetujuan dan pelaporan pemberitahuan melalui sisminbakum hal tersebut sudah tidak dipraktekan lagi, tapi dalam Anggaran Dasar mungkin masih tertulis demikian.

-   clock.jpgMengenai Direksi & Komisaris, dahulu Komisaris berupa Dewan tetapi tidak disebut demikian dalam standar akta lama sehingga kerap kali terjadi ketidakpastian hukum antara lain ada Komisaris yang bertindak sendiri bukan atas nama Dewan. Di UUPT baru & standar akta yang baru jelas dinyatakan bahwa Komisaris berbentuk Dewan.

-   Mengenai RUPS Tahunan ditentukan pula bahwa dalam rapat tidak hanya membahas laporan tahunan tetapi juga rencana kerja, hal ini tidak ada dalam UUPT lama/ standar akta lama.

-   Dalam standar akta yang baru ini ketentuan-ketentuan/ pasal-pasalnya lebih ringkas dan padat. Hal-hal yang sudah diatur dalam UU tidak dimasukkan lagi, berbeda dengan standar yang dulu memasukkan ketentuan-ketentuan yang sudah diatur dalam UUPT ’95 seperti soal penggabungan, peleburan & pengambilalihan juga soal pembubaran & likuidasi. Sebagai contoh perbedaan lainnya dalam UUPT yang baru adalah Mengenai kuorum rapat-rapat juga banyak yang berubah dibandingkan UUPT lama.

   Jika kita tidak mengadakan penyesuaian tentu hal ini akan menimbulkan ketidakpastian hukum dan ketidakselarasan bagi PT tersebut.

-   Efek jangka panjang lainnya apabila tidak menyesuaikan, sewaktu-waktu nama PT tersebut dapat digunakan oleh pihak lain karena PT anda sudah tidak terdaftar dalam daftar perusahaan di Departemen Hukum & HAM RI, saat anda hendak mengubah suatu hal dalam Anggaran Dasar maupun terjadi pembubaran hukum lain hal tersebut tidak dapat dilaksanakan secara sah karena perbuatan hukum tersebut tidak dapat disetujui, diberitahukan kepada Departemen Hukum & HAM RI karena PT anda tidak terdaftar dan tidak bisa didaftar karena sudah lampau waktu atau parahnya nama PT anda sudah dipakai pihak lain. Alangkah sulitnya apabila nama perusahaan kita yang sudah dikenal luas ternyata tidak dapat digunakan lagi oleh kita karena telah dipakai pihak lain. Apalagi Nama PT kadang sudah melekat image atau branding dari produk atau jasa yang dihasilkannya. Apabila hanya melampaui jangka waktu 1 tahun namun nama perusahaan anda belum terpakai orang lain maka anda dapat mengajukan pendirian PT baru dan nama PT lama anda, tentu prosesnya mengulang dari awal dan PT anda dianggap PT baru. Sebaiknya kita menyesuaiakan Anggaran Dasar PT yang sudah ada dengan ketentuan baru ini, agar tidak timbul kesulitan di kemudian hari.

 

{xtypo_quote_left} Sedia payung sebelum hujan, lakukanlah  penyesuaian langsung sebelum adanya gugatan! {/xtypo_quote_left}